#RUMAH BELAJAR INDONESIA KREATIF (RUBIK)

LOGO RUBIK

Apa itu RUBIK?

Rumah Belajar Indonesia Kreatif (RUBIK) adalah komunitas pengajar berjejaring yang peduli terhadap permasalahan pendidikan anak-anak Yatim dan Dhuafa yang dibentuk pada tanggal 1 Januari 2016 dan dikelola oleh anak muda kreatif. RUBIK merupakan Komunitas dibawah naungan Yayasan GEMMA INSANI INDONESIA.

 

Bagaimana kebutuhan finansial dari Komunitas ini terpenuhi?

Kebutuhan finansial dari komunitas ini sifatnya lepas dan tidak mengikat. Biasanya berupa donasi dari “Sahabat RUBIK” (sebutan untuk para donatur) dan swadaya dari tiap-tiap anggota, atau fundraising, garage sale, dan aksi-aksi lain yang mendukung.

 

Mengapa ada RUBIK?

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali yayasan, LSM dan lembaga-lembaga lain yang fokus terhadap permasalahan anak-anak Yatim dan Dhuafa. Sayangnya, keberadaan mereka ‘kurang terawat’, kadang bahkan hanya menjadi penerima bantuan donasi dari pihak-pihak terkait. Ini menimbulkan efek simultan, dan menjadikan anak-anak tersebut hanya sebagai Objek. Di sinilah peran RUBIK menjembatani dan memberikan angin segar untuk para anak-anak yang merasa hanya menjadi “tanggungan” yayasan tersebut. Dengan memanusiakan mereka kembali, harkat dan martabat anak-anak Yatim dan Dhuafa.

 

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan?

Kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan adalah pemberdayaan anggota dengan workshop, kajian dan diskusi. Pemberdayaan anak-anak Yatim dan Dhuafa dengan pengetahuan dan kreativitas (bermain sambil belajar), dan khususnya pembelajaran Bahasa Inggris. Dan pemenuhan-pemenuhan kebutuhan dengan membuka portal donasi seperti #GEMMA1000Buku&PerlengkapanSekolah, #GEMMAOrangTua&KakakAsuh.

 

Apa fokus garapan Komunitas ini?

Fokus garapan dari RUBIK adalah anak-anak Yatim dan Dhuafa disetiap titik RUBIK yang ada. Dan edukasi kepada anak-anak dan ibunya. Karena, anak dan ibu adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

 

Apa tujuan dibentuknya Komunitas Ini?

Tujuan dibentuknya komunitas ini sebagai wujud nyata dari Visi Yayasan yaitu “Membangun Mayoritas Generasi Berkualitas”. Jadi setiap anak-anak didik RUBIK lebih difokuskan kepada Kualitas diri anak-anak didiknya. Sehingga yang kita bangun adalah kualitas per individu mereka, karena manusia itu unik dan memiliki Karakter Diri yang berbeda-beda. Dengan bantuan metode Analisa Sidik Jari yang kita terapkan kepada anak-anak didik RUBIK, Volunteer yang ada dapat mengoptimalkan segala potensi yang ada pada mereka.
Meskipun butuh effort atau usaha lebih untuk mengasah atau menstimulus potensi kecerdasan mereka, tapi kami meyakini dengan konsistensi pembinaan dan kegiatan-kegiatan yang ada, fokus pengajaran akan jelas pengukurannya dan lebih menitikberatkan pada pengembangan karakter baik dari anak-anak itu sendiri, maupun anggota komunitas ini. Karena mendidik itu bukan mendadak! #WeCareWeShare #ThinkOutSideTheBox.

Selain itu, RUBIK dapat menjadi laboratorium pengabdian masyarakat anak-anak muda yang sadar dan peduli, serta mau beraksi untuk perubahan kecil yang mungkin akan berdampak besar. Tidak ada yang bisa memastikan keberlangsungan masa depan selain ALLAH, namun manusia berhak mengupayakan semaksimal mungkin agar tercapai masa depan yang lebih baik.

 

Apa itu “Crew”, “Volunteer”, dan “Sahabat” RUBIK?

A. Crews RUBIK
Adalah orang-orang yang intens, masuk ke dalam kepengurusan dan terdaftar dalam komunitas tersebut sebagai Crew atau Koordinator Titik RUBIK. Memiliki ID-Card sebagai Crew dan menjalankan hak-hak dan kewajibannya sesuai aturan yang disepakati bersama dalam kepengurusan.

B. Volunteer RUBIK
Adalah orang-orang yang bertindak sebagai sukarelawan dan lebih bersifat membantu dalam acara atau kegiatan yang dibuat oleh Tim RUBIK. Dalam statusnya, Volunteer tidak mempunyai kewajiban terhadap RUBIK, akan tetapi mereka juga berhak untuk hadir dalam kegiatan RUBIK. Volunteer dapat berubah statusnya menjadi Crew sesuai ketentuan yang disepakati bersama oleh pengurus.

C. Sahabat RUBIK
Adalah orang-orang yang memberikan support (donatur), biasanya dari segi finansial, demi kelangsungan program komunitas. Sifatnya lepas dan tidak terikat.

 

TITIK RUBIK

RUBIK memiliki 3 titik Sekolah Sosial dengan total kurang lebih 187 anak didik. Berikut ini alamat titik RUBIK :

RUBIK #1

– Rumah Ibu Saidah, Kampung Sawah RT 03 RW 08, Desa Kedung Waringin Bojong Gede – Bogor. (35 anak didik)

RUBIK #2

– Sanggar Tari Ibu Hj. Aisyah, Kampung Lio, RT 01 RW 12, Desa Kedung Waringin, Bojong Gede – Bogor. (40 anak didik)

RUBIK #RPTRAPermata
Jln. Al-Husna, RT.7 / RW.16, Tugu Utara, Koja, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta 14260, Indonesia. (82 Anak Didik)

RUBIK #CENTER
– Jln. Moch Nail No.4, RT 005/RW 025, Kp. Sugu Tamu, Kel. Baktijaya, Kec. Sukmajaya – Depok. (30 anak didik).

LALU, APA TUJUAN RUBIK KE DEPANNYA?

Selain menyebarkan kepedulian, tujuan utama dari komunitas ini adalah sebagai wadah bagi teman-teman yang ingin berbagi ilmu, wawasan, pengetahuan, memberikan motivasi kepada anak-anak didik RUBIK.

RUBIK adalah rumah. RUBIK adalah tempat berkumpul orang-orang yang peduli akan pendidikan anak-anak negeri ini.

Kami harapkan Rumah Belajar Indonesia Kreatif (RUBIK) dapat terus berkembang dan menjadi percontohan diwilayah lain di Indonesia. Tentunya kegiatan ini tidak akan ada artinya tanpa dukungan dan kepedulian dari berbagai pihak, baik secara perorangan, kelompok mapun instansi.

Dengan harapan masyarakat Indonesia dapat berswadaya dan memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik demi masa depan bangsa!

titikRUBIK

“Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Berarti juga anak-anak yang tidak terdidik di republik ini adalah ‘dosa’ setiap orang terdidik di Republik ini. Anak-anak Nusantara tidak berbeda. Mereka semua berpotensi. Mereka hanya dibedakan oleh keadaan“.