Mengisi Waktu Luang Dengan Menjadi Relawan Pendidikan

RUBIK #AL-PRISMAH
RUBIK #AL-PRISMAH
Pada saat akhir pekan atau libur nasional juga libur sekolah banyak digunakan untuk berkunjung ke tempat wisata seperti wisata kuliner, wisata pantai, wisata alam dan sejenisnya, tapi semua itu sangat umum sekali dan bahkan ketika mengunjungi suatu tempat tempat tersebut terkadang hasilnya tidak memuaskan juga hanya membuat badan hanya lelah serta kurang bermanfaat.
Tapi bagaimana kalau waktu liburan anda dapat digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat dan menambah rasa kepedulian ?
Salah satu contoh menikmati waktu liburan yang akan tiba dengan hal bermanfaat dan menambah rasa kepedulian yaitu dengan Menjadi Relawan Pendidikan di Rumah Belajar Indonesia Kreatif.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang Insya ALLAH akan kita dapat dalam mengisi waktu luang kita:

1. Mengajarkan untuk saling berbagi.

Jika selama ini waktu liburan sering digunakan hanya untuk menghabiskan uang yang kurang bermanfaat, kita dapat memanfaatkan uang tersebut lebih baik seperti memberikan hadiah hadiah kecil untuk para anak-anak didik di Sekolah Sosial RUBIK, lihatlah para anak yang ada panti tersebut, mereka selalu saling bersama, saling berbagi dengan teman temannya.

2. Mengajarkan untuk selalu bersyukur,ikhlas serta bersabar.

Jika selama ini kita selalu mengeluh dengan apa yang kita dapat dan kita miliki, lihatlah anak-anak disana, bagaimana mereka tetap bersyukur dengan apa yang ada pada diri mereka, walaupun mereka sudah tidak mempunyai orang tua, sanak keluarga atau bahkan memiliki keterbatasan dalam ekonomi.

3. Mengajarkan untuk selalu hidup sederhana.

Jika selama ini kita terlalu menghambur–hamburkan uang dalam kehidupan keseharian, lihatlah anak-anak disana, bagaimana mereka selalu menjalani hidup yang sederhana tanpa berlebihan kalau pun ada dana lebih ditangan mereka Kami (para Relawan) selalu mengajarkan untuk menabung guna pendidikan mereka dimasa hadapan.

4. Mengajarkan untuk selalu ingat kepada ALLAH SWT.

Jika selama ini anda selalu sibuk untuk mengurusi urusan dunia dan tidak pernah ingat Kepada ALLAH SWT. Lihatlah anak-anak didik di Rumah Belajar Indonesia Kreatif ini menjalani kegiatan di Sekolah Sosial setiap minggunya dengan saling berbagi, selalu bersyukur dan hidup sederhana mereka tetap selalu ingat kepada ALLAH SWT dengan selalu tekun beribadah sesuai dengan yang diajarkan agama sehingga rahmat, keberkahan dan lindungan dari ALLAH selalu datang kepada mereka. Alhamdulillah..

Jadi gunakanlah waktu luang atau libur anda dengan hal yang bermanfaat dan selalu saling berbagi, karena menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain merupakan perkara yang sangat dianjurkan oleh agama. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”

Hadist di atas menunjukan bahwa Rasullullah menganjurkan umat islam selalau berbuat baik terhadap orang lain dan mahluk yang lain. Hal ini menjadi indikator bagaimana menjadi mukmin yang sebenarnya. Eksistensi manusia sebenarnya ditentukan oleh kemanfataannya pada yang lain. Adakah dia berguna bagi orang lain, atau malah sebaliknya menjadi parasit buat yang lainnya.

Setiap perbuatan maka akan kembali kepada orang yang berbuat. Seperti kita Memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaatnya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri dan juga sebaliknya. Allah Jalla wa ‘Alaa berfirman:

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ

Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)

Semoga bermanfaat. (:
#WeCareWeShare
#ThinkOutsideTheBox
#GEMMARELAWAN
X Banner RUBIK

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *