TIPS Sehat Bekerja Menggunakan Komputer

Sering merasa pegal-pegal saat menggunakan komputer?..walaupun dalam waktu yang sebentar?..wah. .boleh jadi posisi duduk anda dan letak penempatan device komputer anda masih buruk dari segi ergonomis.
Panduan ini dirancang untuk membantu Anda menjadi lebih nyaman dan produktif saat menggunakan komputer Anda. Ini juga dapat membantu Anda mengurangi risiko menyakitkan dan melumpuhkan , mengalami cedera atau gangguan yang dijelaskan dalam Peringatan Kesehatan berikut.

Hanya membutuhkan waktu beberapa saat untuk membaca artikel ini, namun INSYA ALLAH manfaatnya bisa sangat bermanfaat jika di terapkan . blogger-emoticon.blogspot.com.

HEALTH WARNING

Penggunaan keyboard atau mouse mungkin dapat dihubungkan dengan luka atau gangguan serius.

Bila menggunakan komputer, seperti halnya dengan banyak kegiatan, sesekali Anda mungkin mengalami rasa tidak nyaman di tangan Anda, lengan, bahu, leher, atau bagian lain dari tubuh Anda. Namun, jika Anda mengalami gejala-gejala seperti terus-menerus atau rutin ketidaknyamanan, nyeri, berdenyut, sakit, kesemutan, baal, sensasi terbakar, atau kaku, JANGAN ABAIKAN PERINGATAN KESEHATAN INI. SEGERA LIHAT Sebuah QUALIFIED HEALTH PROFESSIONAL, bahkan jika gejala terjadi ketika Anda tidak bekerja pada komputer Anda.Gejala seperti ini dapat dikaitkan dengan menyakitkan dan kadang-kadang secara permanen melumpuhkan luka atau gangguan saraf, otot, tendon, atau bagian lain dari tubuh. Gangguan Musculoskeletal disorders (MSDs) ini termasuk carpal tunnel syndrome, tendonitis, tenosynovitis, dan kondisi lain.

Sementara para peneliti belum mampu menjawab banyak pertanyaan tentang MSDS, ada kesepakatan umum bahwa banyak faktor dapat dikaitkan dengan terjadinya mereka, termasuk: kesehatan secara keseluruhan, stres, dan bagaimana orang berupaya dengan itu, medis dan kondisi-kondisi fisik, dan bagaimana posisi seseorang dan menggunakan tubuh nya selama bekerja dan kegiatan lainnya (termasuk penggunaan keyboard atau mouse). Jumlah waktu seseorang melakukan suatu kegiatan mungkin juga menjadi faktor.

 

Karena terdapat berbagai faktor yang dapat berkontribusi untuk MSDS, panduan ini tidak dapat memberikan semua yang anda butuhkan untuk mencegah MSD. Bagi beberapa orang, yang mengikuti saran ini mungkin dapat mengurangi risiko mereka mengalami MSD . Namun, banyak orang mengalami kenyamanan dan produktivitas yang lebih besar apabila mengikuti saran ini. Perlu diingat bahwa panduan ini bukan pengganti nasihat dari profesional yang memenuhi syarat kesehatan atau kebijakan kesehatan seorang user atau program. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana gaya hidup Anda sendiri, kegiatan, atau medis atau kondisi fisik mungkin berhubungan dengan MSDS, menghubungi seorang profesional kesehatan yang berkualitas.

 

POSISI TUBUH


“Posisi Menentukan Prestasi!”…mungkin kalimat ini sering terdengar di telinga anda?..ya!..ternyata hal ini juga berlaku pada posisi kita menggunakan komputer, tanpa kita sadari posisi duduk yang baik sangatlah menunjang produktifitas kita dalam menggunakan komputer.

Ketika bekerja atau bermain di depan komputer, beradaptasi dengan lingkungan Anda dan mengatur peralatan untuk komputasi yang nyaman dan postur tubuh santai. Mengatur workstation anda untuk menghindari ketidaknyamanan tergantung pada ukuran tubuh Anda yang unik dan lingkungan kerja. Mudah-mudahan saran berikut dapat membantu untuk menyediakan lingkungan yang lebih nyaman.

Untuk mendukung punggung Anda, cobalah hal berikut:

* Gunakan kursi yang mendukung punggung bawah (lihat rincian 1).
* Menyesuaikan permukaan meja kerja dan kursi tinggi untuk mengasumsikan alam yang nyaman dan postur tubuh (lihat detail 2).

rincian 1, 2 :
HCG_Illust01

 

Untuk meminimalkan luas dan nyaman untuk mempromosikan postur bahu dan lengan, coba berikut ini:

* Tempatkan keyboard dan mouse atau trackball pada ketinggian yang sama; ini harus di tentang tingkat siku. Anda harus jatuh lengan atas rileks di samping tubuh (lihat detail 3).
* Ketika mengetik, pusat keyboard Anda di depan Anda dengan mouse atau trackball terletak dekat dengan itu (lihat detail 4).
* Tempat nyaman item yang sering digunakan dalam jangkauan lengan (lihat detail 5).

rincian 3,4,5 :
HCG_Illust02

 

Untuk posisikan pergelangan tangan dan jari tepat postur, coba berikut ini:

* Pergelangan tangan Anda tetap lurus ketika mengetik dan sewaktu menggunakan mouse atau trackball. Hindari menekuk pergelangan tangan ke atas, bawah, atau ke samping. Jika keyboard Anda memiliki kaki, memperpanjang mereka jika ini akan membantu Anda mempertahankan nyaman dan posisi pergelangan tangan lurus.
* Ketik dengan tangan dan pergelangan tangan Anda mengapung di atas keyboard, sehingga Anda dapat menggunakan seluruh lengan Anda untuk meraih kunci jauh bukan peregangan jari-jari Anda.

Untuk meminimalkan membungkuk dan memutar leher, cobalah hal berikut:

* Posisi bagian atas layar tingkat mata dekat (lihat detail 6). Yg bertitik api dua pemakai mungkin perlu untuk menurunkan layar atau berbicara dengan seorang profesional kesehatan yang berkualitas tentang komputer gelas disesuaikan untuk bekerja.
* Pusat monitor anda di depan Anda. Jika Anda merujuk ke dokumen Anda lebih sering dari monitor Anda, pertimbangkan untuk menempatkan dokumen Anda langsung di depan Anda dan monitor sedikit ke samping.
* Pertimbangkan untuk menggunakan dudukan ke posisi dokumen dokumen Anda dekat tingkat mata.

rincian 6 :
HCG_Illust03


Untuk mengurangi ketegangan mata, coba berikut ini:

* Posisi monitor anda tentang lengan panjang menjauh dari Anda ketika duduk nyaman di depannya.
* Menghindari silau dengan menempatkan monitor anda jauh dari sumber cahaya yang menghasilkan silau, atau menggunakan window blinds untuk mengontrol tingkat cahaya.
* Ingatlah untuk membersihkan layar Anda. Jika Anda mengenakan kacamata, bersihkan juga.
* Menyesuaikan kecerahan monitor dan kontras.
* Sesuaikan ukuran layar depan untuk membuat tampilan lebih nyaman bagi Anda, jika program komputer Anda memiliki fitur ini.

Untuk mengurangi dampak-dampak rendah kekuatan pada tubuh Anda, cobalah hal berikut:

* Ketik dengan sentuhan ringan, menjaga tangan dan jari Anda santai, karena memerlukan sedikit usaha untuk mengaktifkan tombol keyboard.
* Gunakan sentuhan ringan saat mengklik tombol mouse atau ketika menggunakan joystick atau controller game lainnya.
* Pegang mouse dengan tangan yang santai dan tidak mencengkeram erat mouse.
* Hindari beristirahat telapak tangan atau pergelangan tangan Anda pada setiap jenis permukaan ketika mengetik (lihat rincian 7). Sisanya telapak tangan, jika disediakan, hanya boleh digunakan selama istirahat dari mengetik.
* Rileks lengan dan tangan Anda ketika Anda tidak mengetik atau menggunakan mouse Anda. Jangan beristirahat lengan dan tangan Anda di tepi-tepi, seperti tepi meja Anda.
* Menyesuaikan kursi sehingga kursi tidak menekan ke bagian belakang lutut Anda (lihat rincian 8).

rincian 7,8 :
HCG_Illust04

 

 

BERISTIRAHATLAH!..


Mengambil istirahat dapat membantu tubuh Anda pulih dari aktivitas apapun dan dapat membantu Anda menghindari MSDS. Panjang dan frekuensi istirahat yang tepat bagi Anda tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan. Menghentikan kegiatan dan santai merupakan salah satu cara untuk istirahat, tetapi ada cara-cara lain, juga. Sebagai contoh, hanya berubah tugas – mungkin dari duduk ketika mengetik untuk berdiri sambil berbicara di telepon dapat membantu beberapa otot-otot rileks sementara yang lain tetap produktif.

Untuk memvariasikan kegiatan sehari-hari dan untuk bekerja produktif, coba berikut ini:

* Rencanakan kerja dan bermain Anda sehingga Anda tidak melakukan hal yang sama untuk waktu yang lama (seperti melakukan kegiatan yang sama atau menggunakan bagian yang sama dari tubuh Anda).
* Gunakan perangkat input yang berbeda, seperti mouse dan keyboard, untuk menyelesaikan tugas yang sama. Misalnya, untuk melakukan tugas bergulir, Anda dapat menggunakan roda pada mouse dan tombol panah pada keyboard.
* Bekerja lebih efisien dengan menggunakan fitur perangkat lunak dan perangkat keras untuk mengurangi usaha anda dan meningkatkan produktivitas Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menekan tombol logo Windows untuk membuka menu Start Windows.
* Pelajari tentang fitur perangkat lunak dan perangkat keras dengan membaca informasi yang menyertai produk tersebut. Sebagai contoh, jika Anda sering menyorot teks, menetapkan tombol mouse untuk melakukan ClickLock.

 

GAYA HIDUP SEHAT


Sebuah gaya hidup sehat dapat membantu Anda melakukan dan menikmati kegiatan sehari-hari Anda, termasuk waktu yang dihabiskan di komputer Anda. Juga, belajar lebih banyak tentang kesehatan Anda merupakan langkah penting dalam tetap nyaman dan produktif saat menggunakan komputer Anda.

Untuk membantu menjaga kesehatan yang baik, coba berikut ini:

* Makan makanan yang seimbang dan mendapatkan istirahat yang cukup.
* Latihan untuk keseluruhan kebugaran dan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh Anda. Berkonsultasi dengan profesional kesehatan yang berkualitas untuk membantu Anda memilih peregangan dan latihan yang tepat untuk Anda.
* Belajar untuk mengelola stres. Salah satu cara untuk mengurangi stres di tempat kerja adalah untuk merencanakan area kerja dan jadwal sehingga kebisingan dan gangguan dijaga agar tetap minimum.
* Lihat profesional kesehatan yang berkualitas jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana medis dan kondisi fisik mungkin berkaitan dengan MSDS. Sementara para peneliti belum mampu menjawab banyak pertanyaan tentang MSDS, ada kesepakatan umum bahwa banyak faktor dapat dikaitkan dengan terjadinya mereka, termasuk cedera sebelumnya, diabetes, perubahan hormonal (seperti kehamilan), dan rheumatoid arthritis.

Belajar lebih banyak tentang bekerja dengan nyaman dan produktif, serta kesehatan secara keseluruhan, adalah cara penting untuk membantu Anda menikmati pengalaman komputasi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *