Ingin BerQurban? Inilah 4 Manfaat Ibadah Qurban

manfaat-ibadah-qurban

Sudah seberapa besar niatan Anda untuk berQurban di tahun ini? Sebentar lagi ibadah qurban tahun 2016 akan menyambut jutaan muslim di seluruh dunia. Sebagai ibadah sunnah yang selalu dicontohkan oleh Rasulullah SAW, Qurban menjadi sangat diutamakan untuk ditunaikan tanpa perlu ditunda bagi siapapun yang merasa mampu untuk berQurban.

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Siapa yang memiliki kelapangan dan tidak berqurban, maka jangan dekati tempat shalat kami” (HR Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim).

Jika dilihat dari esensi Hadits di atas menjadi semakin jelas kesimpulannya bahwa ibadah qurban adalah ibadah yang sangat diutamakan. Qurban menjadi sebentuk ibadah yang bermakna ucapan syukur terhadap jutaan bahkan milyaran nikmat yang telah dilimpahkan Allah pada hambanya yang taat dan ikhlas.

Tak hanya itu, ternyata ibadah qurban pun punya beragam manfaat. Terutama manfaat bagi diri sendiri. Namun tak menutup kemungkinan juga manfaat qurban terasa bagi orang lain sehingga pahala dan keberkahannya pun berpotensi untuk menyebar, tak terputus. Subhanallah!

 

Berikut adalah 4 manfaat terbaik ibadah qurban yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber:

1. Qurban memupuk rasa empati di dalam diri

Jutaan rupiah rezeki kita yang disedekahkan dalam ibadah qurban tak seberapa jika dibandingkan dengan kekuatan sosial dan empati yang berhasil tersalin, terpupuk, dan terus bertahan di dalam diri. Kita hidup di dunia ini tak sendiri dan pasti saling membutuhkan, maka dari itu kepedulian sosial dan empati itu wajib untuk dipupuk.

2. Ibadah Qurban itu melatih diri untuk menjadi seorang dermawan

Hidup itu seperti putaran roda, di masa muda kita belum punya apa-apa. Perlahan setelah banyak ikhtiar dan usaha maka rezeki pun akan mengikuti. Setelah rezeki sudah mencukupi maka hal paling utama yang perlu dilatih adalah nilai kedermawanan. Dermawan itu bukan sifat yang bisa diturunkan, tapi perlu terus dilatih. Salah satunya adalah dengan bersedekah, lalu beranjak ke menunaikan ibadah qurban jika sudah merasa mampu.

3. Ibadah Qurban menambah berkah rezeki

Seberapapun banyaknya rezeki yang telah dilimpahkan Allah pada umatnya yang mau berusaha tak akan bermakna apapun jika timbunan rezeki itu tak bernilai berkah. Keberkahan akan manambah nikmat dalam hati atas capaian rezeki yang berhasil dikumpulkan. Keberkahan pun akan terus menambah peluang untuk mendapatkan rezeki yang lebih baik lagi. Berkah rezeki itu sesungguhnya selalu nampak dalam setiap ibadah qurban yang ditunaikan.

4. Ibadah Qurban itu memupuk rasa solidaritas

Qurban adalah serangkaian proses yang dikerjakan bersama, membaur dengan ratusan bahkan ribuan muslim lainnya dalam setiap prosesnya. Mulai dari penerimaan hewan qurban, penyembelihan, hingga membagikan atau mendistribusikan hewan qurban pada penerima manfaat yang paling membutuhkan. Rangkaian proses inilah yang membawa manfaat ibadah qurban begitu terasa bagi silaturahmi dan solidaritas antar warga, tetangga rumah, maupun saudara seiman lainnya. Tanpa kerjasama dan solidaritas, rangkaian ibadah qurban akan sulit untuk dikerjakan.

 

Bagi Bapak/Ibu Donatur yang ingin berQurban melalui Program #GEMMABerQurban dapat mengakses informasi link dibawah ini.
#GEMMABerQurban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *