#GEMMA1000BUKU & PERLENGKAPAN SEKOLAH

#GEMMA1000Buku&PerlengkapanSekolah

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamu ‘alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh,

Berawal dari keprihatinan melihat anak – anak kecil dilingkungan sekitar kami yang nyaris tidak pernah membaca buku di luar buku sekolah, maka kami berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak – anak dan remaja yang kemudian kami sajikan secara sederhana kepada anak–anak dan remaja di Sekolah Sosial Rumah Belajar Indonesia Kreatif (RUBIK).

RUBIK memiliki 4 titik Sekolah Sosial dengan total kurang lebih 187 anak didik. Berikut ini alamat titik RUBIK:

RUBIK #1

– Rumah Ibu Saidah, Kampung Sawah RT 03 RW 08, Desa Kedung Waringin Bojong Gede – Bogor. (35 anak didik)

RUBIK #2

– Sanggar Tari Ibu Hj. Aisyah, Kampung Lio, RT 01 RW 12, Desa Kedung Waringin, Bojong Gede – Bogor. (40 anak didik)

RUBIK #RPTRAPermata
Jln. Al-Husna, RT.7 / RW.16, Tugu Utara, Koja, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta 14260, Indonesia. (82 Anak Didik)

RUBIK #CENTER
– Jln. Moch Nail No.4, RT 005/RW 025, Kp. Sugu Tamu, Kel. Baktijaya, Kec. Sukmajaya – Depok. (30 anak didik).

 

Anak-anak sebagai generasi masa depan bangsa perlu diperhatikan dalam hal pengayaan ilmu pengetahuan karena dengan pengetahuan setidaknya anak-anak akan mengerti dan memahami hal–hal yang selama ini mereka abaikan dan anggap tidak penting menjadi sesuatu yang bisa bermanfaat untuk memperbaiki taraf hidup mereka. Dengan berdasarkan keberadaan taman baca mandiri ini kami berharap bisa memberi warna baru dan tambahan pengetahuan di lingkungan Sekolah Sosial kami yang masih banyak membutuhkan pembinaan disegala bidang. Terutama pada anak – anak dan remaja yang lebih senang bermain HP dari pada membaca, sehingga dengan keberadaan taman baca ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui buku.

 

Melalui pembudayaan baca, masyarakat akan meningkat pengetahuannya, meningkat kesehatannya, meningkat tatanan ekonominya yang mana peningkatan tersebut akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Dengan membaca pula seseorang akan terbentuk kepribadiannya menjadi lebih baik. Kepribadian adalah pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan serta kebiasaan seseorang, baik yang jasmani, mental, rohani, emosional maupun sosial. Semua ini telah ditatanya dalam caranya yang khas, di bawah beraneka pengaruh dari luar. Pola ini terwujud dari tingkah lakunya dalam usahanya menjadi manusia sebagaimana dikehendakinya. Mendidik kepribadian dapat dilakukan melalui buku. Dengan membaca buku seseorang akan memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas, dari situ ia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk sehingga akan terbentuk pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

 

Minat dan kebutuhan masyarakat untuk gemar membaca memerlukan perhatian serius dari segala lapisan masyarakat, pemerintah, aktor pendidikan dan dari pihak yang sadar dan peduli akan arti pentingnya membaca bukan hanya sebagai hobi, tetapi juga pemutus rantai kemiskinan, kebodohan dan ketidakpedulian sosial.

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (Q.S. Al-Mujaadilah:11)

“Barangsiapa yang menginginkan dunia, wajib bagi dirinya dengan ilmu. Siapa yang menginginkan akhirat wajib dengan ilmu. Barangsiapa yang menginginkan keduanya wajib baginya dengan ilmu”. (H.R. Tabrani)

Tujuan Negara yang tertuang dalam pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia aline ke 4, yaitu “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.

 

TUJUAN

  1. Mempermudah anak – anak usia sekolah mendapatkan buku referensi sekolah
  2. Menambah pengetahuan bagi anak-anak putus sekolah
  3. Memberikan anak-anak dan remaja kegiatan bermutu lewat membaca dan menulis
  4. Memberikan pengetahuan tentang dunia internet dan teknologi kepada warga sekitar
  5. Mendekatkan masyarakat dengan buku
  6. Menumbuhkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya membaca
  7. Menggalakkan budaya membaca di kalangan masyarakat
  8. Membuka cakrawala dunia dengan menambah pengetahuan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa
  9. Meningkatkan kualitas baik fisik maupun mental masyarakat sehingga berdampak kepada kehidupan yang lebih baik
  10. Dan masih banyak tujuan baik dari kegiatan membaca dan terbentuknya taman baca di Sekolah Sosial RUBIK ini. Insya ALLAH.

 

LOKASI

Rencana lokasi taman baca ini adalah di setiap titik Sekolah Sosial RUBIK. Dimasa mendatang tentunya kami berharap bisa membangun sebuah ruang sederhana di lingkungan kami sebagai tempat taman baca agar lebih layak dan nyaman bagi pengunjung.

 

SASARAN

Sasaran pengguna fasilitas umum gratis ini adalah semua anak-anak didik Sekolah Sosial RUBIK pada khususnya dan warga masyarakat desa di sekitar titik RUBIK ini pada umumnya serta warga Negara Indonesia dalam cakupan lebih luas. Baik dari usia anak-anak, remaja dan dewasa atau orang tua.

 

PERMOHONAN BANTUAN

Melihat Penjelasan di atas, tentu tidak hanya rasa prihatin saja yang dibutuhkan, tetapi haruslah dijawab dengan langkah yang nyata untuk mewujudkan masyarakat yang gemar membaca.

Hingga saat ini koleksi buku yang kami miliki masih jauh dari harapan. Buku-buku tersebut berasal dari donatur yang mendapat informasi dari mulut ke mulut maupun dari koleksi pribadi. Namun saat ini kami masih mempunyai beberapa masalah, diantaranya masalah keuangan pengadaan rak-rak buku serta kurangnya bahan koleksi buku. Sehingga melalui proposal ini kami mohon bantuan dana atau koleksi buku, majalah, komik edukatif, CD pembelajaran, atau yang lain lain yang sifatnya mendidik bagi masyarakat umum untuk membantu demi terwujudnya taman baca tersebut.

Adapun koleksi buku yang kami perlukan, baik buku baru maupun Second Hand yang masih layak baca antara lain:

  1. Buku referensi sekolah dan pendukung pendidikan
  2. Buku dongeng dan cerita bergambar
  3. Novel remaja, teenlit maupun dewasa
  4. Buku pengetahuan umum
  5. Buku pertanian
  6. Buku perkebunan
  7. Buku Peternakan
  8. Buku Perikanan
  9. Buku Pertukangan
  10. Buku Kerajinan dan Keterampilan
  11. Buku kewirausahaan
  12. Buku resep makanan
  13. Buku teknologi tepat guna
  14. Buku komputer dan internet
  15. Buku agama
  16. Buku kesehatan
  17. Majalah dan tabloid
  18. Dan buku-buku atau bacaan yang bermanfaat lainnya.

Adapun perlengkapan dan sarana pendukung yang kami butuhkan di SETIAP TITIK RUBIK antara lain:

  1. 15 Rak buku
  2. 30 Meja
  3. 30 Kursi
  4. 6 Karpet
  5. 6 Papan tulis whiteboard
  6. 5 Unit Komputer / Laptop
  7. Router sebagai sarana koneksi internet WiFi Selain bantuan berupa buku dan sarana penunjang, kami juga menerima donasi berupa uang tunai. Adapun nantinya uang tunai tersebut juga akan digunakan untuk membeli buku dan sarana kegiatan taman baca.

Untuk Donatur yang ingin berpartisipasi membantu program #GEMMA1000BUKU dapat berdonasi dengan Transfer ke Rekening Yayasan:

MANDIRI1

Bank Mandiri

157 – 00 – 0423448 – 1

a.n Yayasan GEMMA Insani Indonesia

 

Dengan menambahkan Rp.7 sebagai Kode Program Donasi

Konfirmasi Via SMS atau Whatsapp ke Nomer Admin Yayasan : 0821 – 1388 – 1115
dengan format :  Nama#Domisili#NominalTransfer#No.HP#AlamatEmail

Semoga amal jariah donatur mendapat balasan dari Robbul Izzati Alloh Subhanahu Wa Ta’ala baik di dunia maupun di akhirat. Allohuma Aamiin.

Atas doa, donasi, sumbangan, bantuan baik materil maupun immaterial kami sampaikan terima kasih.

 

Wassalamu ‘alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

 

Ketua Umum Yayasan GEMMA INSANI INDONESIA