Let’s Talk!

19539_1173986509118_703135_n

Jangan Takut, Jangan Malu, dan Terus Maju!

Bali, 4 Januari 2009, di mana kali pertamanya aku berbicara langsung dengan orang asing atau orang Indonesia menyebutnya “bule”. Masih sangat baik terekam di memori ku nama-nama mereka dan darimana mereka berasal. Stefany dan Tania, dua orang asing yang aku temui di pantai Kuta. Pada saat itu, aku mendapat tugas dari guru ku untuk berbicara dengan turis mancanegara yang ada di sana. Memang bukan hal yang mudah bagiku untuk melakukannya, terlebih lagi pada waktu itu, aku belum bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik. Yang aku tahu hanyalah “what is your name” dan “How are you”, serta beberapa kata sapaan sederhana. Sebelum berangkat ke Bali, aku telah menyiapkan catatan yang mungkin akan berguna ketika aku ingin berbicara dengan beberapa turis asing di sana. Tepat pukul 16.00 WITA, aku bertemu dengan mereka. Di dalam hati rasanya dag dig dug banget. “Bergetar hatiku saat ku berkenalan denganya” kurang lebih begitu perasaan ku waktu itu, berasa lagunya mama Ina banget. Percakapan pertama….mulus banget soalnya cuman tanya “What is your name” sama “where do you come from”. Begitu mereka cuap-cuap banyak banget mulai pusing deh, gak tau apa yang mereka omongin. Alhasil, bahasa lain keluar, yaitu bahasa Jawa “sepuntene mbk, kulo mboten ngertos boso meniko”. Akan tetapi, the show must go on. Singkat kata, dari pengalamku di Bali, aku ngerasa bahwa bahasa Inggris tuh asyik dan penting banget. Dengan bahasa Inggris aku yakin bahwa aku bakal dapet ilmu yang lebih banyak dan teman yang lebih luas serta bisa menjadi masyarakat internasional. Dari waktu itu juga, setiap ketemu bule rasanya kayak dapat durian runtuh, rasanya pengen praktek terus buat ngembangin bahasa Inggrisku yang masih belepotan heheheheh. Banyak cara yang saya lakukan, tidak hanya mengobrol langsung tetapi juga mencari teman orang asing dari berbagai macam negara melalui media sosial, baik melalui percakapan singkat sampai panggilan video. Di sini, aku mau berbagi tips supaya kemampuan bahasa asing kalian terus bertambah dan berkembang:

  1. Cari cara yang paling kamu sukai dalam belajar bahasa Inggris, karena beda individu beda cara belajarnya. Aku pribadi lebih suka mendengarkan musik berbahasa Inggris dan mencari arti dari lirik lagu yang aku sukai. Menonton film dan acara berbahasa Inggris juga dapat menambah kosakata, melatih kemampuan mendengarkan, serta melatih pelafalan kata. Aku biasanya sering nonton video di YouTube tentang wawancaranya Adele, aku suka banget sama British accent nya :D.
  2. Bagi kamu yang hobi baca, kamu juga dapat belajar bahasa Inggris melalui berbagai sumber bacaan yang kamu sukai, seperti komik, majalah, atau koran. Dengan membaca selain dapat menambah wawasan  dan kosakata kita, kita juga bisa menganalisis struktur bahasa yang baik dan benar. Buat yang suka baca koran bisa beli atau buka secara langsung di situs Jakarta Post.
  3. Gunakan aplikasi-aplikasi pembelajaran bahasa yang menyenangkan, untuk membantu kamu belajar bahasa dengan cara yang tidak membosankan. Kamu juaga bisa menggunakan kamus online untuk melatih pelafalanmu. Aku sih biasanya pake Cambridge online dictionary.
  4. Tulislah status-statusmu di media sosial dalam bahasa Inggris, dengan tujuan untuk melatih kemampuan menulis kamu serta mendapatkan komentar tentang tata bahasamu dari teman-temanmu. Ingat jadilah orang yang open minded. Saking seringnya tulis status di Facebook, akhirnya aku sering ketawa-ketawa sendiri gara-gara status yang aku pasang dulu-dulu tata bahasanya amburadul. Tapi gak masalah, dari situ aku belajar. Karena “Practicing makes perfect”.
  5. Aturlah pengaturan bahasa di  gawai atau gadget mu dengan bahasa Inggris, hal tersebut sangat membantu kamu untuk mengingatkan bagaimana cara penulisan kata yang benar.
  6. Bergabunglah dengan club-club pecinta bahasa Inggris, baik grup online maupun offline. Untuk grup online bisa di Facebook atau Skype.
  7. Carilah situs pertemanan yang ditukan untuk pertukaran bahasa dan budaya. Aku biasanya cari teman di Interpals.net.
  8. Salah satu yang penting yang kamu harus ketahuilah ialah belajar bahasa juga berarti harus belajar budaya mereka. Jadi jangan pernah tanya sama orang Eropa “are you married” mereka akan berkata atau berpikiran “it is not your business dude”.
  9. Latihlah kemampuan berbicaramu dengan orang yang kemampuanya di atas kamu, sehingga kamu bisa mendapatkan saran dari dia.
  10. The last but not the least, adalah beraksi! Jangan pernah takut salah atau malu dikatain “gaya, belagu, mau pamer, dan komentar-komentar negatif lainya” karena semuanya itu buat kamu bukan buat para haters, anggaplah mereka iri dengan kemampuan kamu. Aku mah udah kenyang dikata-katain, tapi aku gak pernah peduli sama mereka, toh akhirnya mereka minta ajarin aku. Soalnya kata mereka kemampuan bahasa asingku keren banget heheheh. Remember guys! the haters gonna hate, hate, hate, hate, hate :D.

Selalu semangat ya belajar bahasa Inggris nya. Bahasa Inggris itu gg susah kok, tapi benar- benar menyenangkan dan sangat berguna buat kalian.

Best Wishes,

 

Muhammad Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *